Tenggak Miras Oplosan 5 Orang Meregang Nyawa di Sentani

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Hal ini disampaikan langsung Kapolres Jayapura saat press conference terkait meninggalnya 5 orang akibat menenggak minuman keras oplosan yang terjadi di Obale Kampung Nendali Distrik Sentani Timur Kab. Jayapura. Senin, 30/09 siang.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si didampingi Kapolsek Kota AKP Lintong Simanjuntak, SH., MH dan Kasat Narkoba Ipda Hotma P. Manurung, S.Tr.k mengatakan “pesta miras ini dilakukan 9 orang, hingga saat ini 5 orang telah dinyatakan meninggal dunia dan 4 orang lainnya masih dirawat akibat pesta miras di Kampung Nendali Distrik Sentani Timur, korban yang meninggal di antaranya Daud Yoku (55), Marthen Robert Ohee (65), Yordan Wally (53), Abisalom Yoku (32) dan Hendrik Pallo (51), sedangkan 4 orang korban yang masih dirawat di rumah sakit Abepura diantaranya Hanock Yoku (64), Hendrik Waly (58), Yan Yoku (59) serta Wilklif Wally (49), barang bukti yang kami dapati saat melakukan olah TKP diantaranya beberapa botol sudah kosong dan 1 botol yang masih utuh berisikan miras oplosan,” jelasnya.

Lanjut AKBP Victor, kejadian berawal saat hari Jumat 27 September 2019 ke 9 (sembilan) orang tersebut hendak bekerja bersama memotong/memanen sagu di Obale Kampung Nendali, diselingi dengan melakukan pesta miras hingga hari Sabtu, 28 September 2019, dihari Sabtu tersebut ada seseorang yang meninggal bernama Daud Yoku, kemudian di hari minggu kemarin meninggal diwaktu yang berbeda 4 orang lainnya, kami dari pihak Kepolisian telah melakukan olah TKP, sementara keluarga korban tidak mau untuk di otopsi, sehingga kita buatkan berita acara penolakan otopsi, kita juga telah mengirimkan barang bukti yang ada untuk mengetahui bahan campuran apa yang telah mereka minum ke Balai Pom.

Masih dalam penyelidikan siapa pelaku pembuat miras oplosan tersebut, apakah ada diantara 9 (sembilan) orang tersebut atau pihak lain, jika terbukti pelaku bisa kami jerat dengan pasal 204 KUHP ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Korban Daud Yoku telah dimakamkan Minggu sore di pemakaman umum Kampung Nendali, 3 korban lagi atas nama Hendrik Pallo, Abisalom Yoku, Yordan Wally di makamkan sore tadi juga di TPU Kampung Nendali dalam 1 liang lahat yang sama, sedangkan korban Marthen Robert Ohee juga telah dimakamkan sore tadi di pemakaman umum Kampung Harapan.

Untuk minumannya belum diketahui jenisnya, namun dari aroma terdapat bau alkohol dan campuran kuku bima, tentunya kami menghimbau untuk barang – barang yang tidak sesuai komposisinya, tidak sesuai dengan aturannya yang dapat mengakibatkan dampak bagi kesehatan untuk tidak dikonsumsi, kita berharap tidak ada lagi kejadian seperti ini. Tutup AKBP Victor.

Penulis Guntur Stts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.