Tahap 2, Polisi Serahkan 3 Pelaku Kriminal ke Kejaksaan

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Kepolisian Sektor Sentani Kota dalam hal ini Unit Reskrim Polsek Sentani Kota menyerahkan 3 (tiga) orang tersangka dengan kasus yang berbeda beserta barang buktinya ke Kejaksaan Negeri Jayapura. Senin (28/5/2018) siang.

Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, SH., MH yang didampingi Kanit Reskrim IPDA Aan Anwas, SH saat di konfirmasi menjelaskan bahwa Unit Reskrim Polsek Sentani Kota yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Aan Anwas, SH menyerahkan 3 (tiga) orang tersangka dengan tindak pidana yang berbeda yaitu kasus pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 362 KUHP, kasus penganiayaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 351 ayat ( 1 ) KUHP dan kasus pengeroyokan atau secara bersama – sama dimuka umum melakukan kekerasan terhadap orang atau barang sebagaimana dimaksud dalam pasal 170 KUHP.

Penyerahan tersangka kasus pencurian FY (19) dengan barang bukti berupa 1 unit SPM yamaha vixion, 1 buah Kunci kontak, 1 lembar STNK yang mana kasus tersebut berdasarkan laporan polisi nomor : LP/ 142 /IV/2018/SPK II/SEK KOTA Tanggal 18 April 2018, tersangka diamankan pada tanggal 17 April 2018 pukul 20.00 wit oleh anggota Polsek Japsel, sebelumnya korban melihat tersangka di daerah entrop kemudian meminta tolong kepada anggota Polsek Japsel untuk menangkap tersangka kemudian membawanya ke Polsek Sentani iarena TKP pencurian terjadi di wilayah hukum Polsek Sentani Kota.

Lanjutnya, untuk penyerahan tersangka kasus penganiayaan dengan tersangka SB (19) dengan barang bukti hasil visum yang mana kasus tersebut berdasarkan laporan polisi nomor : LP/46/II/SPKIII/SEK KOTA tanggal 02 february 2018, tersangka ditangkap oleh anggota unit Reskrim dan Tim Paniki polsek Sentani pada tanggal 13 April 2018 saat tersangka selesai mengisi BBM di jalan raya hawai Sentani kemudian dibawa kepolsek sentani untuk proses penyidikan.

Sedangkan 1 tersangka kasus pengeroyokan berinisial MY (18) dengan barang bukti 1 (satu) buah parang panjang yang mana kasus tersebut berdasarkan laporan polisi dengan nomor : LP 97 / III / 2018 / SPK III / SEK KOTA tanggal 11 maret 2018, tersangka ditangkap dengan pelaku lainnya pada tanggal 15 Maret 2018 di kampung kehiran II oleh anggota unit Reskrim dan Tim paniki Polsek Sentani kemudian dibawa ke Polsek Sentani untuk proses penyidikan.

Setelah dilakukan penyidikan ketiga tersangka tersebut memenuhi unsur Pasal 362 KUHP, Pasal 351 ayat (1), Pasal 170 Ayat (2), sehingga proses penyidikan dilanjutkan ke Kejaksaan Negeri Jayapura dan ke 3 tersangka beserta barang bukti tersebut diterima oleh Jaksa Rakhmat, SH, Jein dan Jaksa Obet Ansanai, SH di Kejaksaan Negeri Jayapura.

Atas perbuatannya tersangka FY (19) di ancam hukuman Pasal 362 paling lama 5 tahun penjara, sedangkan SB (19) di ancam hukuman Pasal 351 ayat (1) KUHP paling lama 2 tahun 8 bulan penjara, dan MY (18) di ancam hukuman pasal 170 ayat (2) ke 2 KUHP paling lama 9 tahun penjara. “ucap Kompol Hakim Sode, SH., MH.

Penulis :Guntur/Ichsan24

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.