Polres Jayapura Gelar Apel Pasukan, Operasi Lilin Matoa-2020

Sentani – Polres Jayapura Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Matoa-2020 Dalam rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bertempat di Lapangan Apel Mapolres Jayapura, Senin (21/12).

Turut Hadir dalam kegiatan apel tersebut Waka Polres Jayapura Kompol Zet Saalino, SH., MH yang mewakili Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon SH., S.IK., MH., M.Si, Kabag Ops Polres Jayapura, AKP Deddy Agusthinus Puhiri, S.IK, Perwakilan dari TNI AU Lanud Silas Papare, Pa Senkom Lanud Silas Papare, Perwakilan dari Koramil 1701 / Sentani, Perwakilan dari Batalyon 751 / R, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Perwakilan dari ORARI Kab. Jayapura, Perwakilan dari RAPI Kab. Jayapura

Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020, yang dibacakan oleh pimpinan apel gelar pasukan Wakapolres Jayapura, KOMPOL Zet Saalino, SH., MH, yaitu Marilah kita mengucapkan puji dan syukur kehadiran Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin – 2020 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin – 2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian, peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya. personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

“Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” Tutur Waka Polres.

Diharapkan masyarakat dapat merayakan hari raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan rasa aman dan nyaman tanpa adanya gangguan Kamtibmas antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

” Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak,”Tidak lupa pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan “Selamat Hari Raya Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021”.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.