Polisi Sosialisasi RM Papeda Saber Pungli dan Toleransi Antar Umat Beragama di Sentani

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Pengukuhan pengurus FKPM kompleks Makendang dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif , sekaligus sosialisasi program RM. PAPEDA, Saber Pungli, Anti Hoax dan Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama di kediaman Ketua RW 02 Kelurahan Hinekombe Distrik Sentani Kabupaten Jayapura. Jumat (14/09/18) pukul 16.15 wit sore.

Pengukuhan pengurus forum kemitraan perpolisian masyarakat (FKPM) guna menjaga keamanan dan ketertiban yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Jayapura AKP Yudo Winarno bersama anggota Satuan Binmas serta dihadiri para ketua RT dan 25 orang pengurus FKPM di kompleks makendang, tidak hanya mengukuhkan pengurus FKPM, dalam pertemuan tersebut juga Satuan Binmas Polres Jayapura mensosialisasikan program RM Papeda (rumah masyarakat papua penuh damai), anti hoax, saber pungli serta peningkatan toleransi antar umat beragama khususnya di wilayah Kab. Jayapura.

Mewakili Lurah Hinekombe Demianus Sokoy selaku Ketua RW 02 mengatakan “terima kasih kepada Polres Jayapura, perlu kami sampaikan bahwa komplek kami disini pada umumnya masih tergolong aman dan tidak ada permasalahan yang serius, tapi tidak menutup kemungkinan akan bisa terjadi suatu tindak pidana, untuk itu kami telah berupaya membentuk pengurus FKPM dan biar organisasi ini bisa berjalan dan bekerja maka pada kesempatan ini kami juga meminta Kasat Binmas dapat mengukuhkan pengurus FKPM yang telah kami pilih bersama – sama warga sebelumnya, pengurus ini sudah lama kita pilih dan pada hari ini telah dikukuhkan oleh Kasat Binmas jadi kami mohon kepada seluruh warga bisa mendukung organisasi FKPM ini agar dapat bekerja bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kompleks ini,” ujar Ketua RT 02.

Sementara ditempat yang sama Kasat Binmas Polres Jayapura AKP Yudo Winarno mengatakan “terimakasih kepada para undangan yang telah hadir, maksud dan tujuan pertemuan ini dalam rangka meningkatkan kamtibmas, pengukuhan pengurus FKPM Kompleks Makendang serta tidak lupa kami menyampaikan beberapa himbauan kamtibmas terkait saber pungli, anti HOAX dan toleransi antar umat beragama. Hal ini tidak lain guna membantu pihak Kepolisian dalam menjaga kamtibmas, FKPM sebagai wadah kemitraan Polri bersama warga,” ujar Kasat Binmas Polres Jayapura.

lanjutnya, mengenai program RM PAPEDA didalamnya terdapat Kepolisian, Damkar, Rumah Sakit, BPBD, PLN, UPC, SAR, SENKOM dan ORARI, manfaat dan kelebihan progam RM Papeda khususnya bila di wilayah kita tidak ada jaringan telepon karena dalam program ini cukup menggunakan HT, tinggal menyamakan dengan frekwensi di RM Papeda, kita bisa melaporkan suatu kejadian melalui HT, sehingga segera direspon oleh intansi yang sudah terhubung di frekwensi RM Papeda tersebut. Ada juga program pemerintah bersama Polri dalam memberantas Pungli dan HOAX atau berita bohong yang dapat mengganggu stabilnya kamtibmas, berita – berita bohong ini sering beredar di media elektronik, berita HOAX ini biasa tersebar melalui internet dan media untuk itu kami mengajak warga untuk tidak terpengaruh dan sama – sama memerangi berita HOAX itu, saber pungli (sapu bersih pungutan liar) Kita sekarang ini sedang gencar memberantas PUNGLI, kami juga meminta kerjasama warga apabila mendapati pungutan liar / tidak resmi baik dari lingkungan kami maupun lainnya untuk dapat dilaporkan, terakhir kami juga menghimbau warga untuk selalu menjaga kebersamaan tanpa membedakan suku dan agama serta saling menjaga toleransi dalam segala hal.

Penulis Guntur/Didik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.