Polisi Hadiri Rapat Koordinasi Antar Pemangku Kepentingan

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura ā€“ Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Kota dalam hal ini Ka polsek sentani kota Kompol Hakim Sode, HS., MH menghadiri kegiatan rapat koordinasi antar pemangku kepentingan yang diselenggarakan oleh BNK Kabupaten Jayapura. Kamis (02/08/18) pukul 09.00 pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala BNK Kab. Jayapura bpk. Arianto, SPd.,MPd, Kapolsek Sentani Timur IPTU Lambertus Sattu, SH, Kapolsek Depapre IPDA Usrianto, SE, Kanit Reskrim Polsek Sentani Kota Ipda Aan Anwas, SH, Kasie Rehab BNN Kabupaten Jayapura Yulius Panggau, Dokter BNN Kabuoaten Jayapura Dr. Dedeh Nurhayati.

Dalam sambutannya Kepala BNK Kab. Jayapura bpk. Arianto, SPd., Mpd menyampaikan bahwa Kemarin kita tahu bahwa Lapas Narkoba telah terjadi kaburnya nara pidana,dan kita ketahui bahwa lapas narkoba tersebut telah over kapasitas, perlu diketahui bahwa semua pemakai narkoba tidak harus di proses atau di pidanakan sedangkan mafia besarnya tidak tersentuh oleh hukum dan saat ini kita telah bekerja sama dengan pihak polres jayapura dan puskesmas dalam penanganan kasus narkoba ini.

Lanjut Kepala BNK Kab. Jayapura yang menjadi permasalahan aktual program pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang kita hadapi saat ini karena belum dilaksanakan dengan kerangka program yang komprenhensif dan terstruktur dan kegiatan hanya diselenggarakan sesuai ketersediaan alokasi anggaran DIPA sehingga Kurang adanya terobosan-terobosan kreatif serta pelaksana/petugas Belum memiliki pengetahuan atau standar kompentensi khusus.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode SH. MH menyampaikan apabila BNN nanti ke depanya ada sosialisai di kampung-kampung agar di libatkan anggota Babinkamtibmas dan babinsa, karena akses untuk masuk di kampung itu bisa dengan mudah melalui babinkamtibmas karena mereka sudah ada hubungan dalam keseharianya.

Lanjut Kapolsek, apabila ada sosialisai dari BNN kiranya dapat memberikan contoh-contoh foto manusia yang menggunakan narkoba serta efek/akibat menggunakan narkoba, dan kami di Polsek Sentani Kota ini banyak kasus terkait narkoba jenis ganja namun baru tahap pengguna dan kami selalu melakukan koordinasi dengan baik dengan pihak BNN.

Dakter BNN Kab. Jayapura Dr. Dedeh Nurhayati menyampaikan untuk rehabilitasi para pecandu narkotika ini ada tiga lokasi yakni BNN,Dinas Kesehatan,dan dinas Sosial yang mana lokasi rehabilitasi terbesar berada di dinas kesehatan. Untuk rehabilitasi para pecandu narkotika ini tidak bisa sembuh 100 % dan rehabilitasi ini bertujuan untuk memulihkan kembali kehidupanya di masyarakata dan untuk melakukan aktifitas sehari-harinya dengan normal, untuk pengguna narkoba ini tidak bisa di penjara karena statusnya pengguna narkoba adalah korban dan dalam keadaan sakit sehingga harus direhabilitasi.

#ZIWBKPOLRESJAYAPURA

Penulis : Guntur/Ichsan24

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.