Panwaslu Bersama Polisi dan Sat Pol PP Tertibkan Atribut Kampanye di Sentani

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Penertiban atribut kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua tahun 2018 oleh tim gabungan Panwaslu Kab. Jayapura, Polres Jayapura, Pemda Kab. Jayapura dan Sat Pol PP Kab. Jayapura di sepanjang jalan Sentani Kab. Jayapura. Selasa (29/05/18) pukul 09.45 wit pagi.

Penertiban yang dipimpin langsung oleh ketua Panwaslu Kab. Jayapura Zakarias S. Y. Rumbewas, SH, didampingi Asisten I Setda Kabupaten Jayapura sekaligus Plt. Kasat Pol PP Kab. Jayapura Abdul Rahman Basri, S. Sos., M.Kp, Kasat Reskrim Polres Jayapura AKP Suheriadi, SH, S.IK, beserta anggota Panwas, Intel dan Sat Pol PP menyisir baliho yang sebelumnya sudah terpasang dan tidak sesuai pada penempatannya dari Kampung Doyo Baru Distrik Waibu sampai dengan batas kota Distrik Sentani Timur.

Dalam keterangannya Ketua Panwaslu Kabupaten Jayapura Zakarias, S. Y. Rumbewas, SH mengatakan bahwa “kegiatan yang dilaksanakan adalah penertiban alat peraga kampanye, kegiatan ini sudah lama direncanakan namun hari ini baru bisa terlaksana dan juga inisiatif dari gakkumdu, hari ini berupa alat peraga kampanye namun untuk honai sesuai kesepakatan rencananya nanti hari minggu baru akan dilaksanakan pembongkaran,” terang Ketua Panwaslu Kab. Jayapura.

Sementara ditempat yang sama Asisten I sekaligus Plt. Kasat Pol PP Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S. Sos., M.Kp mengatakan “hari ini kami hadir guna menindak lanjuti undangan dari Panwaslu Kab. Jayapura terkait penertiban baliho, spanduk dan alat peraga kampanye dimana kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penegakan aturan dalam penyelenggaraan pemilu, selanjutnya adalah peraturan pemerintah daerah oleh karena itu Satpol PP akan melaksanakan penertiban sesuai ketentuan – ketentuan yang ada di kab. Jayapura,” ujar Plt. Kasat Pol PP Kab. Jayapura.

Kasat Reskrim Polres Jayapura AKP Suheriadi, SH, S.IK saat di konfirmasi membenarkan kegiatan penertiban tersebut “saya disini mewakili bapak Kapolres, sebelumnya juga Kasat Intel sudah bertemu dengan tim paslon guna menyampaikan kegiatan pada hari ini, kita Kepolisian hanya memback up, saya minta kepada Panwas, sebelum melaksanakan pencopotan atau pelepasan alat peraga kampanye harus membicarakan kepada orang yang ada di tempat alat peraga kampanye agar maksud dan tujuan dapat diterima oleh mereka, dari hasil kegiatan tersebut tim Panwaslu Kab. Jayapura menertibkan beberapa alat peraga yang sudah terpasang di Doyo Baru, jalan masuk BTN Pemda, di depan mata jalan BTN Polda, BTN Grand, turunan Gunung Merah, pertigaan mata jalan Genyem, di sebelah jembatan kali Warno, pertigaan bandara, mata jalan Pojok, mata jalan stadion Barnabas Youwe, depan hotel Sentani Indah, jalan masuk PLN Salatiga, Kampung Netar, depan SMP Lentera Kampung Harapan, mata jalan Kalkhote, Kampung Asei Kecil, Cemara – Cemara Distrik Sentani Timur serta di depan kantor Rumbasan Klas I Jayapura batas kota,” jelas Kasat Reskrim

Tambahnya, penertiban alat peraga atau atribut kampaye Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Papua tahun 2018 dilakukan oleh Panwaslu Kab. Jayapura terhadap atribut kampanye yang tidak pada zona Kampanye yang ditentukan oleh KPU Kab. Jayapura, dimana hal ini merupakan kesepakatan bersama dengan tim sukses sebelumnya.

Penulis Guntur/Didik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.