Ops Patuh Matoa – 2019 Polres Jayapura Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Apel gelar pasukan Operasi Patuh Matoa – 2019 di Lapangan Apel Mapolres Jayapura, Selasa, 24/09 pagi.

Dipimpin langsung Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si serta dihadiri para pejabat utama dan anggota Polres Jayapura melaksnakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Matoa – 2019 dengan tema “Meningkatkan Kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcar lantas”.

Pelaksanaan ops patuh 2019 ini yang semula dilaksanakan serentak di Indonesia pada tanggal 29 Agustus s/d 11 September 2019 Polda Papua menunda pelaksanaan ops patuh melihat situasi dan kondisi di lapangan sehingga baru dilaksanakan pada tanggal 24 September s/d 7 Oktober 2019.

Sesuai amanat Kapolda Papua Kapolres Jayapura AKBP Victor Dea Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si mengatakan “operasi Patuh – 2019 kali ini dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan persuasif, dimana keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalulintas merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern, oleh sebab itu Polri khususnya Polantas bersama stakeholder dan pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU nomor 22 tahun 2019 tentang LLAJ sehingga dianggap perlu melaksanakan operasi kepolisian di bidang lalu lintas, hal ini untuk mewujudkan negara yang tertib dan berebolusi dari segi mental masyarakat maka perlu adanya operasi patuh 2019. Perlu diketahui bersama data jumlah laka lantas tahun 2019 dari bulan januari sampai bulan agustus dari data IRMS ( Integrated Road Safety Management System ) Dit Lantas Polda Papua dan jajaran sejumlah 546 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 73 orang, luka berat sebanyak 305 orang, luka ringan sebanyak 585 orang dan kerugian material sebesar Rp. 2.606.900.000 (dua miliar enam ratus enam juta sembilan ratus ribu rupiah),” jelasnya.

Lanjut AKBP Victor, hal ini juga menindak lanjuti kebijakan Nawacita Presiden RI yang dijabarkan dengan program prioritas Kapolri yang disebut promoter ( profesional, modern dan terpercaya), Operasi Patuh – 2019 ini pada intinya untuk mewujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.

Penulis Guntur Stts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.