Operasi Zebra Matoa 2019 Polres Jayapura Resmi Berlaku

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Operasi Zebra Matoa 2019 Polres Jayapura resmi dilaksanakan ditandai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Apel Mapolres Jayapura. Rabu, 23/10 sore.

Operasi Zebra Matoa 2019 yang akan dilaksanakan Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura yang pimpin Kasat Lantas AKP Andika T. Purba, SH., S.IK berlaku dari tanggal 23 Oktober 2019 hingga 05 November 2019 yang ditandai dengan apel gelar pasukan dan penyematan pita pada anggota yang terlibat operasi, dipimpin langsung Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si saat dikonfirmasi mengatakan “pelaksanaan operasi Zebra Matoa Tahun 2019 yang akan digelar mulai tanggal 23 Oktober s/d 05 Nopember 2019 di seluruh Polda selama 14 hari, perlu diketahui bahwa jumlah pelanggaran Lalu Lintas Operasi Zebra Tahun 2018 sebanyak 4.954 sedangkan tahun 2017 sebanyak 3.266, mengalami peningkatan sebanyak 1.688 atau 52%, hal ini terjadi karena keaktifan petugas dalam pelaksanaan operasi serta masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas di jalan, prioritas pelaksanaan operasi Zebra tahun 2019 yang menjadi sasaran pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalulintas diantaranya pengemudi yang menggunakan Handphone, pengemudi yang melawan arus, berboncengan lebih dari satu, dibawah umur, penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, berkendara menggunakan Narkoba/Mabuk dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan,” jelasnya.

Lanjut AKBP Victor, tujuan Operasi Zebra 2019 untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas agar terciptanya penurunan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi Kamseltibcar Lantas menjelang perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun baru 1 Januari 2020.

Tambahnya, bagi pengendara maupun pengemudi utamakan keselamatan dalam berlalu lintas jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas, berhati-hatilah dalam berkendara taati aturan karena keluarga anda menunggu di rumah.

Penulis Guntur Stts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.