Natal Bersama TNI/Polri, Forkompimda dan Masyarakat Adat Tabi

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Natal Akbar I Masyarakat Adat Tabi Bersama TNI/Polri, Pemda Kabupaten Jayapura, di Tanah Kenambay Umbai Kantor Bupati Kab. Jayapura. Rabu (20/12/18).

Dengan tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” dan sub tema “Membangun Iman Menata Peradaban Menuju Pembaruan” kegiatan yang dihadiri Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han), Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M, Bupati Jayapura Bapak Mathius Awoitauw, SE., M.Si, Kapolres Jayapura AKBP Vicktor D. Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si dan SKPD serta masyarakat adat Tabi.

Dalam sambutan dari Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si mengatakan kehadiran kami disini berkat undangan Ketua Lembaga Adat Numbay Bapak George Awi. Saya setuju dengan Bapak George Alwi yang menginginkan masyarakat Papua dilibatkan dalam pembangunan bukan sebagai objek melainkan sebagai subjek. Tantangan kita sebagai masyarakat Tabi merupakan bagaimana kita berperan menjadi masyarakat Nasrani di tanah ini. Seperti halnya garam, apabila sayur tanpa garam akan menjadi hambar, apabila kita dapat menjadi garam kita dapat menjadi bumbu pelengkap dalam kehambaran. Disiplin dalam hal bekerja akan mengawali seluruhnya, di dalam era sekarang anak anak tidak pernah berbicara dengan orangtua. Hal ini yang harus dirubah melalui pembangunan SDM guna menciptakan SDM yang berkualitas untuk membangun tanah Papua yang berkopetensi baik melalui pendidikan formal dan non formal, hanya dengan sekolah lah anak anak kita dapat merubah masa depan dan terhindar dari pergaulan bebas,” terang Kapolda Papua saat sambutan.

Kesan dan pesan Natal yang disampaikan Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M “Hari ini momen kebangkitan masyarakat Tabi dengan ditandai Natal 2018 ini dengan tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” dan sub tema “Membangun Iman Menata Peradaban Menuju Pembaruan” jangan selalu kita berfikir tentang Merdeka, mari kita merdeka dalam pendidikan, ekonomi, budaya, itulah yang disebut merdeka. Pada tanggal 10 Maret 1910 Injil masuk ke Tanah Tabi ini saya tidak mau jadi budak di tanah Tabi ini, bahkan Kantor Gubernur Papua pun berdiri di Tanah Tabi, Ondoafi besar Tanah Tabi pun berhak memalang Kantor Gubernur. Dalam lima tahun kedepan masyarakat Tabi harus bisa menjadi para pemimpin bukan menjadi budak, saya pun mendukung sistem noken dihapus dari tanah Papua ini. Marilah kita bercahaya di atas tanah hebat ini. Saya berpesan mari kita jaga tanah Tabi, kita jaga tanah, air dan hutan di Tanah Tabi ini, mari kita dukung program Bupati Jayapura dalam menjaga kelesatrian alam gunung Cycloop. Saya berdoa anak – anak Tabi bergandengan tangan, mendapat kesehatan, kebahagian, kesuksesan untuk membangun tanah ini,” tutup Walikota dalam kesan pesannya.

Sementara sambutan penutup yang dibawakan oleh Pdt. Albert Yoku “Terimakasih kepada TNI/Polri yang memberikan keamanan dan kedamaian di tanah Papua ini. Semoga kedepannya Tanah Tabi yang damai ini merupakan wilayah peradaban yang dapat menjadi contoh bagi daerah lain. Mari kita satukan tekad antar satu sama lain guna menciptakan kedamaian di Tanah Papua ini,”.

Dalam perayaan Natal bersama tersebut dinyanyikan lagu malam kudus, doa – doa, pembakaran lilin, paduan suara dari Polda Papua serta pemberian bingkisan Natal dari Penggerak PKK Kab. Jayapura kepada para Janda dari Denominasi Gereja di Kabupaten Jayapura.

Penulis Guntur/Didik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.