Modus Tembak Kaca, Pelaku Berhasil Menggasak 14 Unit Laptop di SMP N 5 Sentani

polresjayapura.net Penangkapan pelaku pencurian Laptop oleh Tim Opsnal Cycloop yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK., MH yang terjadi di SMP N 5 Kehiran Sentani Kab. Jayapura. Selasa 08 Januari 2019.

Berdasarkan laporan Polisi hari Selasa Tanggal 08 Januari 2018 pukul 10.50 wit yang dibuat Frans Wally (49) (Guru SMP N 5 Kehiran Sentani) yang mendapat laporan dari rekan guru lainnya bahwa 14 unit laptop masing – masing 13 unit merk Acer dan 1 unit merk Zyrex serta 5 buah tas laptop yang disimpan di ruangan penyimpanan TIK (Lab Komputer) bahwa barang inventaris tersebut telah hilang, sehingga Tim Opsnal Cycloop melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) dan penyelidikan.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si melalui Kasat Reskrim Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK., MH saat dikonfirmasi membenarkan kasus pencurian tersebut “setelah mendapat laporan dan melakukan penyelidikan setelah 2 jam dilaporkan dan berdasarkan keterangan dari pelapor Frans Wally (49) yang juga sebagai Ondoafi bahwa ada salah seorang masyarakat atau pelajar SMP N 5 berinisial ET (14) yang dicurigai sehingga tim melakukan penangkapan dan interograsi terhadap pelaku ET (14), dari hasil interograsi terhadap pelaku ET (14) mengakui bahwa pencurian tersebut didalangi oleh salah seorang pelaku berinisial RW (18), dimana kasus pencurian tersebut dilakukan pada hari Rabu Tanggal 2 Desember 2018 pada pukul 23.00 wit, pelaku RW (18) mengajak EM (15) dan GM (12), saat melakukan aksinya pelaku RM (18) menembak kaca jendela sekolah dengan menggunakan senapan angin kemudian mencabut sisa kaca dan membuka jendela, setelah itu pelaku RM (18) masuk ke dalam ruang TIK (Lab Komputer) dan mengeluarkan 14 unit laptop kemudian diterima kedua pelaku yang sudah menunggu di luar,” ujar Kasat Reskrim Polres Jayapura.

Lanjutnya, berdasarkan keterangan tersebut kami melakukan penangkapan terhadap RM (18) yang merupakan dalang pencurian, saat ditangkap pelaku RM (18) sedang berada di kemp tukang bangunan di BTN Kehiran Sentani beserta barang bukti 1 unit Laptop merk Acer, dilanjutkan dengan penangkapan pelaku GM (12) di rumahnya yang berada di Kampung Kehiran Sentani, kemudian pelaku penjual atau pemasaran hasil curian AY (19) dan pelaku penadah berinisial ESH (25), dari hasil penangkapan para pelaku kami juga berhasil mengamankan 9 unit barang bukti laptop yang dicuri di SMP N 5 Kehiran, masih ada 5 unit lagi yang akan kami cari, dimana pelaku menyimpan barang bukti secara berpencar untuk menghindari kecurigaan dari masyarakat sekitar tempat tinggalnya maupun Kepolisian, rencananya laptop – laptop hasil curian tersebut juga akan dijual diluar wilayah Kab. Jayapura.

Tambahnya, ke 5 pelaku sudah kami tahan di Sel Rutan Mapolres Jayapura, untuk pelaku pencurian masing – masing berinisial RM (18), ET (14), GM (12) dan penjual AY (19) kami jerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian ancaman hukuman maksimal 5 Tahun penjara, sedangkan untuk pelaku penadah berinisial ESH (25) kami jerat dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 Tahun penjara.

Penulis Guntur/Didik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.