JICA dan Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Warga BTN Bintang Timur Sentani

Kunjungan kerja tim Follow Up JICA (Japan International Cooperation Agency) dan Korbinmas Baharkam Polri di Mapolsek Sentani Kota dan Perumahan Graha Bintang Timur jalan Yahim Sentani Kab. Jayapura. Rabu, 22/01 Sore.

Kunjungan kerja tim Follow Up JICA (Japan International Cooperation Agency) Kombes Pol. (P) Dra. Tiktik Rustika selaku National Expert JICA, dan Kombes Pol Andi Heru Santoso, S.St.MK.,SH.MH selaku Anjak Korbinmas Baharkam Polri, Kompol Hadi Susanto Baharkam Polri didampingi Kasubdit Bintibsos Polda Papua AKBP Hotman Hutabarat, SH, Kasat Binmas Polres Jayapura, AKP Sugeng Kusmanto, SH, Danramil 1701-01/Sentani Mayor Inf. Jhon F. Dahar, SH, Kapolsek Sentani Kota AKP Lintong Simanjuntak, SH., MH serta dihadiri Kadistrik Sentani, Eroll Y. Daisu, SE, Kepala Kelurahan Dobonsolo Ibu Hero Felle, S.Sos., M.Si, Ketua RT 05/RW 01 Perumahan Bintang Timur Kelurahan Dobonsolo Erik Kroamba, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Kota dan Bhabinsa Koramil 1701-01/Sentani dan kurang lebih 50 orang warga perumahan Bintang Timur.

Rombongan Anjak Korbinmas Baharkam Polri, tim Expert JICA bersama Binmas Polda Papua tiba di Perumahan Graha Bintang Timur jalan Yahim Sentani di sambut dengan tari – tarian adat Sentani di lanjutkan dengan pengalungan noken, maksud dan tujuan tim ini guna meninjau langsung hubungan kerjasama antara warga dan anggota Bhabinkamtibmas dimana anggota Bhabinkamtibmas sebelumnya telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan JICA di Bekasi beberapa waktu lalu.

Kadistrik Sentani Eroll Y. Daisu, SE yang saat diwawancarai mengatakan “ini merupakan penghargaan besar buat masyarakat Kab. Jayapura khususnya warga RT 05/RW 01 perumahan Graha Bintang Timur Kelurahan Dobonsolo atas kunjungan dari Mabes Polri dan tim JICA, kami ucapkan selamat datang di tempat kami, Inilah wajah dan keadaan tempat kami, berbicara masalah kerja sama, hubungan kami antara pemerintah dan pihak keamanan dalam hal Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa sangat luar biasa, banyak keberhasilan yang telah diraih oleh warga BTN Graha Bintang Timur diantaranya pembentukan FKPM, RM. Papeda dan juara lomba Pos Kamling tingkat Kabupaten hingga tingkat Provinsi, keberhasilan ini berkat kerja sama antara warga, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, ketua RT /RW dan pemerintah tingkat kelurahan,” jelasnya.

Dalam sambutannya Anjak Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol Andi Heru Santoso, S.St.MK.,SH.MH mengatakan “terima kasih kepada Kadistrik, Kapolsek Sentani Kota, Danramil Sentani, ibu Kelurahan dan warga yang sudah menjaga kekompakan untuk membuat trobosan – trobosan yang saat ini kita bisa liat sendiri dan sudah mencapai prestasi. Walaupun tanah yang digunakan Pos kamling ini masih status pinjaman namun banyak prestasi yang di capai, kami harap prestasi yang telah di capai ini bisa di pertahankan hingga tahun-tahun kedepan, dengan banyaknya warga yang hadir di tempat ini menandakan bahwa kerja sama antara Bhabinkamtibmas dengan warga memang betul – betul nyata dan berjalan, kami juga berharap hubungan ini terus dijaga, saya bangga dengan warga perumahan Graha Bintang Timur,” terangnya.

Sementara ditempat yang sama Kombes Pol (P) Dra. Tiktik Rustika selaku National expert JICA saat sambutan mengatakan “saya lama dilembaga pendidikan sehingga saya lebih banyak terjun langsung di internal Kepolisian, pada tahun 2010 saya bekerja sama dengan JICA, pada waktu itu zaman bapak Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Jepang karena ada kecocokan, Bekasi merupakan pilot projects pertama , karena ada banyak tenaga kerja serta masyarakat disana merupakan masyarakat majemuk dan perintah Kapolri agar daerah lain pun dijadikan pilot projects, sehingga JICA bekerjasama dengan Kepolisian Indonesia dalam melaksanakan sinergitas yang melibatkan tiga pilar, maksud dan tujuan kami hadir ditempat ini untuk mengecek langsung apakah sudah ada sinegritas antara tiga pilar yang mana peran Kapolsek, pemerintah distrik dan TNI saling bekerja sama, setelah ini saya akan melaporkan hasil ini langsung kepada Kapolri melalui atasan saya dan sayapun akan mengatakan bahwa Papua itu aman dan saya sudah melihat langsung Papua itu aman khususnya Jayapura Sentani sehingga orang-orang jepang dari lembaga JICA tidak perlu kuatir untuk hadir di Papua karena dari awal kami disambut dengan baik saya sangat terharu, terima kasih kepada seluruh tiga pilar atas sinegritasnya serta seluruh warga khususnya RT 05 Dobonsolo,” jelasnya.

Penulis Guntur Stts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.