JICA dan Baharkam Polri Cek Kesiapan Polsek Nimbokrang Sebagai Pilot Project

Supervisi Tugas Bhabinkamtibmas yang dilaksanakan Tim Follow Up JICA (Japan International Cooperation Agency) bersama Baharkam Polri berlangsung di Mapolsek Nimbokrang Kab. Jayapura. Rabu, 22/01 siang.

Dipimpin Kombes Pol. Andi Heru Santoso, ST., MK., SH., MH selaku Anjak Korbinmas Baharkam Polri bersama Kombes Pol (Purn) Dr. Tiktik Rustika selaku National Expert JICA dan Kompol Hadi Susanto Korbinmas Baharkam Polri didampingi AKBP. Hotman Hutabarat, SH Kasubdit Bintibsos Polda Papua, AKP Sugeng Kusmanto, SH Kasat Binmas Polres Jayapura dan Ipda Patria ATRIA Wanda Sigit, S.Tr.K Kapolsek Nimbokrang guna mengecek langsung kesiapan dan kelayakan Polsek Kapolsek Nimbokrang sebagai Pilot Project JICA (Japan International Cooperation Agency).

Selain mengecek langsung kesiapan serta kelayakan Polsek Nimbokrang Tim juga berinteraksi dan bertatap muka langsung dengan kepala kampung, aparat kampung, tokoh – tokoh serta perwakilan warga dari masing – masing kampung binaan Bhabinkamtibmas se Distrik Nimbokrang.

Tim yang tiba di Kampung Benyom Jaya I disambut tarian adat sekaligus pengalungan tas noken rajut kulit kayu khas lembah Grimenawa.

Kepala Distrik Nimbokrang Kornelius Aleut dalam sambutanyya mengatakan “ucapan terima kasih kepada seluruh Rombongan Tim Follow Up JICA (Japan International Cooperation Agency) yang telah berkunjung ke Wilayah Distrik Nimbokrang, sinergitas aparat Kepolisian dengan pihak Pemerintahan baik setingkat Distrik, Kampung , RW dan RT sudah terjalin sangat baik dalam menjaga situasi Kamtibmas di Distrik Nimbokrang,” jelasnya.

Sementara ditempat yang sama Anjak Korbinmas Baharkam Polri yang juga Ketua Tim Kombes Pol. Andi Heru Santoso, ST., MK., SH., MH dalam sambutannya menyampaikan “terima kasih kepada seluruh elemen warga masyarakat yang telah menerima kedatangan tim dengan antusias, kami melihat bahwa di Distrik Nimbokrang ini sinergitas ke tiga pilar telah terjalin baik, bisa dibuktikan dengan kehadiran saudara – saudara sekalian hal ini menunjukan bahwa rekan – rekan juga peduli terhadap keamanan maupun Kamtibmas yang ada di wilayah ini, kinerja Bhabinkambtimas dengan adanya rekan – rekan sangat membantu kiranya ini dapat dipertahankan dan juga lebih dimaksimalkan lagi,” katanya.

Sambutan dari National Expert JICA Kombes Pol (Purn) Dr. Tiktik Rustika yang intinya mengatakan “permohonan maaf karena tidak hadirnya perwakilan JICA dari Kepolisian Jepang, maksud dan tujuan dari kegiatan yang sedang berlangsung yaitu Kerjasama Polri dengan Kepolisian Jepang dalam pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas di Kampung Binaannya, karena setelah dilakukan riset terhadap beberapa Negara yang sangat cocok digunakan dan diterapkan oleh Polri adalah tata cara pelaksanaan tugas Kepolisian di Negara Jepang karena disana Polisi sangat disukai dan sangat bersinergi dengan warga masyarakat, program JICA akan berlangsung hingga tahun 2022 dan berharap agar kerja sama ke 2 (dua) Negara ini akan menghasilkan manfaat yang luar biasa baik dari segi Kepolisian maupun terhadap seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Penulis Guntur Stts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.