Ini Yang Dilakukan Puslitbang Polri di Wilayah Hukum Polres Jayapura

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Jayapura. Tim Pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat di wilayah hukum Polres Jayapura Sentani, Rabu (19/06).

Penelitiian di pimpin oleh Kombes Drs. Pratikno (Ketua Tim), AKBP. Drs. Suryanto (anggota), Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si, APU (Konsultan), Penata Budi Prayitno ( anggota), Penda 1 Lindaningsih (Supervisi).

Tujuan penelitian untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap 5 fungsi layanan kepolisian yaitu : fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intel , Binmas dan Sabhara.

Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yakni bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (asurance) dan kesesuaian (conformance).

Adapun sasaran / sampel penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Jayapura dan jajaran.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si yang diwakili Waka Polres Jayapura Kompol Iip Syarif Hidayat, SH serta para Kabag dan Kasat.

Penyampaian Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si melalui Waka Polres Jayapura Kompol Iip Syarif Hidayat, SH mengucapkam terima kasih atas kunjungan dalam rangka supervisi tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan Polri Khususnya Jajaran Polres Jayapura Sentani.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Tim Kombes Pol. Pratikno menyampaikan bahwa kami bukan melaksanakan pengawasan/pemeriksaan atau supervisi atau pembinaan kita melaksanakan penelitian ilmiah yang fokusnya adalah ke tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja teman-teman sekalian, jadi kita nanti akan meneliti lebih banyak ke masyarakat yang akan kita berikan kuesioner untuk menilai rekan-rekan.

“Tapi kalau nanti realitanya masyarakat menganggap rekan-rekan sudah maksimal pasti hasilnya akan baik, tapi kita tidak alergi dengan masukan dan kritikan apapun adanya sehingga dapat dibenahi,” ujar Ketua Tim Puslitbang Polri.

“Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja layanan Kepolisian di wilayah hukum Polres Jayapura Sentani,” pungkas Kombes Pol. Drs. Pratikno.

Usai melaksanakan FGD, Tim Puslitbang Polri melaksanakan penelitian terhadap masyarakat yang mengurus pembuatan SKCK di Sat Intelkam, SIM di Sat Lantas, Para Tahanan Polres Jayapura, Sat Pol PP Kab. Jayapura, SMA Asisi Bonaventura, STIPER ST. Thomas Aquinas.

Penulis : Guntur / Ari

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.