Di Sentani, 3 Orang Pelaku Curas dan Pemerkosaan Berhasil Dibekuk Polisi

Tribratanews.papua polri.go.id Polres Jayapura. Penangkapan 3 (tiga) orang pelaku pemerkosaan oleh Tim Opsnal Cycloop Polres Jayapura yang dipimpin Bripka Kusyoto A. Putro bersama anggotanya di Doyo Baru Kab. Jayapura. Kamis (04/10/18) pukul 16.00 wit sore.

Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si melalui Kasat Reskrim Polres Jayapura IPTU Oscar F. Rahadian, S.IK membenarkan penangkapan tersebut “Kasus curas dan pemerkosaan terjadi pada kedua pasangan HY (16) dan LN (17) terjadi pada tanggal 05 September 2018 pukul 17.00 wit sore pada saat kedua korban pulang dari Distrik Genyem menggunakan motor Honda Sonic DS 5917 JC, sesampainya korban di Kampung Doyo Lama, korban masuk ke tempat pembuangan sampah belakang AURI untuk berpacaran, kemudian bertemu dan dihadang oleh 5 (lima) orang pelaku dengan menggunakan alat tajam berupa sangkur, saat kejadian korban yang juga saksi LN (17) berhasil menyelamatkan diri dan lari ke Polres Jayapura sedangkan HY (16) ditarik oleh para pelaku kedalam hutan, sehingga para pelaku melakukan pemerkosaan secara bergiliran terhadap korban HY (16) dengan ancaman sebilah sangkur. Sebelumnya juga para pelaku merampas barang – barang milik kedua korban berupa 1 unit HP merk Belpone, 1 unit HP Samsung J2 dan alat – alat praktek berupa gunting, pinset, alat tensi dan termometer, setelah memperkosa korban HY (16) para pelaku juga merampas 1 unit motor Honda Sonic DS 5917 JC,” ujar Kasat Reskrim Polres Jayapura.

Tambahnya, setelah melakukan penyelidikan selama sebulan Tim Buser Opsnal Cycloop Sat Reskrim Polres Jayapura mendapat informasi bahwa motor Honda Sonic yang dirampas oleh ke 5 (lima) pelaku berada di Jalan BTN Polda doyo baru, dengan info tersebut tim langsung merespon dan berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku berinisial NT (20) beserta barang bukti 1 (satu) unit motor Honda Sonic. Setelah melakukan introgasi terhadap pelaku NT (20) kemudian kami kembali berhasil menangkap 2 (dua) orang pelaku lainnya berinisial BW (21), AM (23), sedangkan 2 orang lagi masih buron namun sudah kami ketahui identitasnya.

Para pelaku sempat mengelak melakukan pemerkosaan sehingga kami kembali menghadirkan korban HY (16), setelah memperlihatkan ke 3 (tiga) pelaku dan diperoleh keterangan dari korban bahwa pelaku pemerkosaan adalah BW (21), AM (23) sedangkan pelaku NT (20) berperan merampas dan membawa motor korban.

Para pelaku BW (21), AM (23) dan NT (20) saat ini telah kami tahan di rutan Mapolres Jayapura beserta barang bukti 1 unit motor Honda Sonic DS 5917 JC milik korban LN (17), pelaku BW (21) dan AM (23) kami jerat dengan 2 pasal sekaligus yakni pasal 76D jo pasal 81 ayat (1) UU RI no. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara dan pasal 365 ayat 1 tentang curas (pencurian dengan kekerasan) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara, sedangkan pelaku NT (20) kami jerat dengan pasal 365 ayat 1 tentang curas.

Penulis Guntur/Didik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.