64 Narapidana Lapas Doyo Jayapura Dibebaskan, Cegah Penyebaran Covid-19

Doyo Baru – Pengeluaran dan pembebasan narapidana Narkotika Kelas IIA Doyo Baru Kab. Jayapura. Selasa, 07/04 pagi.

Sesuai surat keputusan Kemenkumham tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dilingkungan lembaga pemasyarakatan sebanyak 64 (enam puluh empat) orang narapidana Lapas Narkotika klas IIA Doyo Baru Distrik Waibu Kab. Jayapura dibebaskan.

Asimilasi dan integrasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dilingkungan lembaga pemasyarakatan yang dihadiri langsung Kalapas Narkotika Kelas IIA Jayapura Basuki Wijoyo, Kapolres Jayapura AKBP Dr.Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Jayapura, tim Promkes Covid -19 Kab. Jayapura dan 64 Para narapidana Narkotika Kelas IIA Doyo Baru yang bebas.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Doyo Baru Kab. Jayapura Basuki Wijoyo saat memberikan arahan kepada narapidana yang bebas menyampaikan “saya sebagai Kalapas Narkotika Kelas IIA mengucapkan selamat buat narapidana yang pada hari ini bebas sesuai dengan Surat Keputusan kemenkumham tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dilingkungan lembaga pemasyarakatan, ini bukan pembebasan murni tetapi ini hanya pemberian asimilasi dan integrasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dilingkungan lembaga pemasyarakatan, saudara – saudara dari ini masih dalam pemantauan, diharapkan agar melaporkan diri setiap saat kepada instansi terkait, apabila pindah domisili agar segera melapor ke Bapas, jika tidak melaporkan bahwa akan dikenakan sebagai daftar pencarian orang (DPO, karena saat ini jumlah Lapas sudah melebihi Kapasitas maka itu sesuai keputusan Kemenkuham yang mana telah memberikan asimilasi kepada narapida yang putusan di bawah 5 (lima) tahun dan telah menjalani masa hukuman 2/3 dari putusan,” jelasnya.

Sementara ditempat yang sama Kapolres Jayapura Jayapura, AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si. mengucapkan selamat atas kebebasan para pidana Narkotika Kelas II A pada hari ini sesuai dengan Surat Keputusan kemenkumham “selamat saya ucapkan buat narapidana yang telah bebas pada hari ini, hal ini sesuai keputusan Kemenkumham terkait pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 dilingkungan lembaga pemasyarakatan, pesan saya kepada para narapidana yang keluar saat ini, apabila bersama dengan keluarga atau dilingkungan tempat tinggal masing – masing selalu berupaya mencegah penyebaran virus corona, kesalahan yang sudah dilakukan saya harap tidak terulang kembali tetap menjaga kerukunan antar sesama masyarakat dilingkungannya,” katanya.

penulis Guntur

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.